Kesenian-Kesenian yang Ada di Cirebon


Cirebon, selain dijuluki sebagai kota Udang dan kota Wali ternyata kota yang berada di timur Jawa Barat ini memiliki beberapa budaya kesenian daerah yang mendunia. Kali ini saya mau share buat temen-temen beberapa kesenian daerah khas Cirebon. Jika temen-temen sempat mengunjungi kota Cirebon lalu berbincang-bincang tentang budaya keseniannya, pasti nama-nama dibawah ini akan terdengar. Dan bahkan jika ada suatu hiburan entah hajatan, khitanan, atau perayaan lainnya pasti akan menemui kesenian-kesenian dibawah ini. Pokonya Cirebon banget jeeehhh....

1. Tari Topeng
Foto: http://cirebonsatu.com
Tari Topeng Cirebon tepatnya, adalah salah satu tarian di tatar parahyangan. Disebut tari topeng karena penarinnya menggunakan Topeng. Mimi Rasinah, adalah salah satu maestro tari topeng. Tari ini selalu mengalami perkembangan dari berbagai gerakan atau cerita yang dibawakan. Di sanggar-sanggar wilayah Cirebon dan sekitarnya, tari ini menjadi salah satu tari faforit. Tari topeng masih dipentaskan dalam acara kesenian tradisional ataupun acara lainnya. Tari topeng bisa dimainkan secara tunggal maupun kelompok. Ketika tarian ini dimulai, kendang dan rebab menjadi  alunan musiknya yang mendominasi.

Masing-masing topeng pada tari ini memilik karakter yang menggambarkan sifat atau perwatakan seseorang. Topeng berwarna biru misalnya, mengandung sifat yang anggun dan lincah. Lalu topeng yang  berwarna merah memiliki karakter yang beringas dan sangat tempramental. Jenis tarian yang terkenalnya ialah tari topeng Kencana Wungu yang menceritakan Prabu Minak Jingga yang tergila-gila pada Ratu Kencana Wungu. Tari ini karya Nugraha Soeradireja. Tari Toeng sangat populer sekali di wilayah Cirebon, Indramayu, Subang, Majalengka, Brebes, Banyumas, Purwokerto dan Kuningan.


2. Tari Sintren
Foto: Pikiran Rakyat
Tari Sintren adalah tari tradisonal yang berasal dari Cirebon tepatnya di wilayah pesisir utara. Nama lain dari kesenian ini adalah Lais. Tari Sintren sangat terkenal dengan suasana mistisnya yang bersumber dari cerita Sulasih dan Sulandono. Kisah cinta pasangan kekasih ini tidak direstui , sehingga Sulandono pergi bertapa dan Sulasih memilih menjadi penari. Pertemuan keduanya saat itu hanya melalui alam gaib. Singkat cerita pertemuan tersebut diatur oleh Dewi Rantamasari yang memasuki roh bidadari ke tubuh Sulasih. Lalu Sulandono yang sedang bertapa dipanggil ibunya untuk menemui Sulasih. Sejak saait itulah setiap diadakan pertunjukan tari Sintren, sang penari dimasuki oleh roh bidadari oleh pawangnya dengan syarat penari masih dalam keadaan suci (perawan). Suara musik dalam pertunjukan Sintren sangat sederhana dan khas sekali.

Pertunjukan tari ini diperankan gadis yang masih suci dibantu oleh pawang. Si pawang mengundang roh Dewi Lanjar untuk masuk kedalam penari. Penari akan terihat cantik dan membawakan tarian yang mempesona. Unikanya, jika masyarakat sekitar sawer (melempar uang), si penari akan berhenti dan menari lagi setelah tidak ada lagi yang sawer. Hal ini dilakukan berulang-ulang kali dan terlihat menarik. Dalam perkembangannya, tari Sintren diperagakan pula dengan penari disekelilingnya dan diselingi bodoran (lawak).


3. Lukisan Kaca
Foto: http://inibangsaku.com
Lukisan kaca sudah kenal di Cirebon sejak abad 17. Lukisan ni dikenal pula sebagai media dakwah pada masa Panembahan Ratu dan sangat berpengaruh dalam penyebaran agama Islam saat itu. Lukisan ini berbentuk tulisan Kaligrafi dan gambar Wayang dengan ditulis diatas media kaca. Pengaruh kaligrafi dikarenakan dalam menyiarkan agama Islam, banyak ulama melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan Hadist. Sedangkan gambar Wayang di daerah Cirebon serimg diadakan pertunjukan Wayang yang menampilkan tokoh-tokoh Wayang seperti Arjuna, Kresna, Rama, Lesmana dll.

Di abad 19, objek lukisan kaca bukan hanya tulisan kaligrafi dan hadist, melainkan berkembang seperti gambar Paksinaga Liman, Buroq, dll. Perbedaan lukisan kaca di kota Solo, Jawa Tengah dengan lukisan dari Cirebon ialah pada teknik dan cara melukisnya. Jika lukisan kaca Solo dilukis diatas kaca depan, berbeda halnya dengan lukisan Cirebon yang justru melukis dari kaca belakang.


4. Batik Cirebon
Foto: http://batikcirebonan.com
Batik Cirebon lahir sejak abad 16. Berawal ketika Pelabuhan Cirebon (dulu Muara Jati) dijadikan tempat transit dan persinggahan para pedagang asing dari Arab, Persia, India dan China. Kemudian dari hal itu menciptakan asimilasi dan akulturasi bercampur budaya, serta menciptakan banyak tradisi baru. Salah satunya batik Cirebon. Kota-kota dengan batiknya di Indonesia yang mempopulerkan sangat berkembang, mulai dari batik Pekalongan, Solo, Jogja, Garut, Palembang dll.

Beberapa motif atau corak yang terkenal pada batik Cirebon ialah motif Megamendung dan Paksi Naga Liman. Megamendung dipengaruhi dari motif China yang berbentuk garis-garis awan. Megamendung Cirebon memiliki ciri khas sendiri yakni awan berbentuk lonjong, lancip dan segitiga sedangkan China berbentuk bulatan. Sementara motif Paksi Naga Liman lebih memberi pesan peperangan antara kebaikan melawan kejahatan guna mencapai kemakmuran.

Pusat dari pembuatan batik Cirebon sendiri berada di Trusmi, Plered. Batik Trusmi lahir dari karya pemuka agama Islam, Ki Buyut Trusmi. Bersama Sunan Gunung Jati, keduanya mengajarkan Islam di wilayah Trusmi dan mengajarkan keterampilan membatik kepada penduduk setempat. Hingga kini, kawasan Trusmi terkenal dengan Kampung Batik. Banyak wisatawan mancanegara yang melancong di kawasan ini.



4. Buroq

Foto: Pikiran Rakyat
Seni Buroq lahir sekitar tahun 1934. Abah Kalil, penduduk Desa Kalimaro, Kecamatan Babakan ialah pencetus seni ini. Buroq juga dikenal dengan nama seni Bedawang (boneka-boneka berukuran besar) seperti Kuda terbang, Macan, Singa, dll. Seni Buroq diilhami tentang perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsha dengan menunggang hewan kuda bersayap.

Pertunjukan Burokan biasanya dipakai dalam beberapa perayaan, seperti Khataman, Sunatan, Perkawinan, Marhaban dll. Pertunjukan diawali dengan Tetalu lalu bergerak perlahan dengan lantunan lagu Asroqol (berupa salawat Nabi dan Barzanji). Rombongan pertunjukan masih berjalan ditempat, setelah banyak masyarakat yang datang rombongan mulai bergerak diiringi dengan alunan genjring dan shalawatan. Dalam perkembanganya, seni Buroq saat ini lebih menggunakan alat-alat musik modern seperti gitar, suling, kendang dan mengiringinya dengan alunan musik dangdut. Hiburan ini sangat bermakna bagi warga sekitar karena bersifat Islami, disenangi anak-anak dan tentunya lebih meningkatkan tali silahturahmi.


5. Tarling
Foto: Google
 Tarling disingkat gitar dan suling. Awalnya sekitar tahun 1930 seni musik ini hanya menggunakan dua alat tersebut. Namun semakin berkembangnya jaman, tarling yang sekarang di dengar di sekitar Cirebon sudah terkombinasi dengan musik dangdut. Tak jarang lagu-lagu tarling yang berbahasa Cirebon di recycle ke dangdut nasional dengan mengubah lirik menjadi bahasa Indonesia sehingga penikmat musik dari nusantara pun bisa mendengarkan arti lirik dalam musik tarling yang sering diputar bahkan di tayang kan di TV nasional.

Musik ini sangat khas sekali, berbeda dengan dangdut sejenisnya. Ada juga karya tarling yang berbentuk drama seperti Baridin, Saedah Saeni, Kang Ato Ayame Ilang dll yang terdapat unsur lawak dan pesan moral didalam pagelarannya, liriknya pun menceritakan realita kehidupan manusia. Banyak tokoh tarling yang membuat seni musik ini diminati para pemuda di sekitar Cirebon, Indramayu, Subang dan pesisir utara sekitar Jawa Tengah. Seperti Abdul Adjib, Hj. Dariyah, Dulatip hingga penyanyi tarling generasi sekarang, Aas Rolani, Nunung Alvi, Yoyo Suwaryo dll. Tak jarang di acara-acara resepsi atau hiburan dan perkumpulan masyarakat memutar lagu-lagu tarling ini sebagai penambah suasana.


Demikian postingan saya hari ini tentang kesenian yang ada di Cirebon. Silahkan buat temen-temen apabila ada yang mau menambahkan. Sebagai generasi penerus, kita harus bangga dan tetap melestarikannya dengan cara terus mengadakan pertunjukan-pertunjukan tari Topeng dan Sintren serta mengembangkan kreatifitas melalui membatik dan melukis di kaca agar kesenian ini tidak punah dimakan seni modern yang mengalir begitu cepat merasuki otak anak-anak muda. Cintai budaya dalam negeri! 











PERHATIAN:
Dilarang keras menyalin artikel ini tanpa seijin pemilik blog. Beri link aktif apa bila memposting ulang artikel ini. Hargailah karya para penulis. Lebih baik punya tulisan jelek dgn hasil karya sendiri dari pada tulisan bagus tapi hasil jiplak orang lain. STOP PIRACY!





5 comments:

  1. artikel yang bagus,mantaff.
    titip link ya gan www.interiorjakarta.com

    ReplyDelete
  2. Izin copy untuk referensi tugas yaa, terimakasih ka

    ReplyDelete

  3. ♥♦♣♠ PELANGI QQ ♠♣♦♥
    Mari Bergabung bersama kami di Pelangi Q Q (,) me
    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online!!
    Segera Daftarkan diri Anda di PelangiQQ dan dapatkan Bonus yang sudah tersedia. Agen Poker Online Terpercaya dan Terbesar di Indonesia yang menggunakan Uang Asli.
    MINIMAL DEPOSIT & WITHDRAW Rp 25.000
    PelangiQQ Menyediakan 8 Permainan yang bisa di mainkan hanya dengan 1 User ID,yaitu:
    * Bandar66 (NEW GAME)
    * SAKONG
    * Poker
    * Domino99
    * Capsa susun
    * AduQ
    * BandarQ
    * Bandar Poker
    Keunggulan PELANGI Q Q :
    - PROSES DEPO & WD MUDAH TANPA RIBET
    - PROSES DEPO & WD TERCEPAT
    - KARTU-KARTU BERKUALITAS DISAJIKAN
    - CS RAMAH & INSPIRATIF SIAP MEMBANTU 24JAM
    - TIPS & TRIK MENJADI KEUNGGULAN SITUS INI
    - DAN TENTUNYA DEPOSIT YG TERJANGKAU BOS!!(MINIMAL DEPO & WD 25RB)
    Nikmati juga HOT PROMO bersama kami:
    * BONUS TURNOVER 0.3% (DIBAGIKAN SETIAP 5 Hari 1x)
    * BONUS REFERRAL 15% (SEUMUR HIDUP)
    Tunggu apalagi bos!! langsung daftarkan diri anda di PELANGI Q Q
    Bagaimana cara mendaftar? SIMPEL bos!!
    cukup kunjungi kami PELANGI Q Q
    klik daftar dan daftarkan diri anda
    atau bisa juga hubungi kami melalui LiveChat dan BBM yang akan melayani Anda 24 jam nonstop.
    - SKYPE : PELANGIQQ
    - LINE : PELANGIQQ
    - FACEBOOK : PokerPelangiReborn
    - PIN BB : E37271BF
    - WhatssApp : 6281231804952
    Salam Sukses & Hoki
    PELANGIQQ

    ReplyDelete

Popular Posts