Kegiatan Positif Menunggu Waktu Berbuka Puasa

Bulan Ramadhan, bulan suci umat Islam selalu di tunggu-tunggu kehadirannya. Bukan hanya sebagai bulan pengampunan, dan bulan yang penuh ibadah seperti Puasa, Shalat Tarawih, Tadarus dll tapi terdapat hal-hal menarik disisi lainnya. Salah satunya saat menunggu waktu berbuka atau Bahasa Snda dan Bahasa kerennya Ngabuburit. Kadang bagi anak muda jaman sekarang, ngabuburit disalah artikan dengan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat sehingga merusak arti Ngabuburit itu sendiri, karena Ngabuburit adalah kegiatan positif sambil menunggu berbuka puasa. Apa saja kegiatan yang bermanfaat saat Ngabuburit? Mungkin daftar dibawah ini bisa teman-teman coba.


Foto: rumahkubiru.blogspot.com


1. Tadarus dan Tilawah Al-Qur’an

Nah, kalau yang ini bisa dapat pahala, menunggu puasa sambil tadarusan atau mengaji bersama. Bisa diterapkan setelah ibadah shalat Ashar hingga persiapan berbuka puasa. Tadarus dan Tilawah, selain pikiran tenang, pahala juga bisa didapat.


2. Mendengarkan Tausiyah

Ini juga salah satu kegiatan yang bermanfaat. Mendengarkan Tausiyah dari para Kiyai, Ustadz atau Ulama. Bisa disaksikan di Masjid sekitar rumah, TV dan Radio. Sesuai selera silahkan pilih yang mana. Tausiyah membuat pengetahuan agama kita lebih banyak dan bermanfaat tentunya. Bisa diterapkan untuk kehidupan sehari-hari. Jadilah pendengar yang baik saat menyimak materi Tausiyah yang disampaikan para Kiyai, Ustadz atau Ulama.


3. Kegiatan Sosial

Kegiatan sosial ini bermacam-macam, ada bersih-bersih di lingkungan sekitar mulai dari lingkungan RT sampai kelurahan misalnya. Atau juga bisa menghimpun dana sumbangan untuk ikut serta memberi takjil saat berbuka. Selain dapat pahala, bersosialisasi dengan masyarakat sangat bermanfaat dan menambah wawasan tersendiri.


4. Memasak

Yang ini mungkin cocok bagi para remaja putri yang sedang membantu ibunya menyiapkan menu buka puasa. Yang jarang masak, bisa dijadikan tempat belajar memasak dengan ibu. Maklum kalau di awal masakannya tidak enak, nanti kelamaan juga akan terbiasa dan bisa jadi Chef dadakan di rumah. Ketimbang beli jajanan yang belum tentu sehat, masak sendiri lebih hemat dan nikmat. Silahkan dicoba menu barunya.


Nah demikian daftar ngabuburit yang saya bahas diatas. Ada yang menmbahkan? Silahkan share. Cause sharing is caring. Asalkan yang positif yah. Selamat menjalankan ibadah puasa.



























PERHATIAN:
Dilarang keras menyalin artikel ini tanpa seijin pemilik blog. Beri link aktif apa bila memposting ulang artikel ini. Hargailah karya para penulis. Lebih baik punya tulisan jelek dgn hasil karya sendiri dari pada tulisan bagus tapi hasil jiplak orang lain. STOP PIRACY!

No comments:

Post a Comment

Popular Posts