Sudahkah Kita Menanam Pohon?


Pernahkah kita mengalami kekeringan air? Atau pernahkah kita mendengar dan melihat saudara-saudara kita di belahan bumi yg juga mengalami kekeringan air? Pasti pernah, atau yg mungkin belum pernah, saatnya mencari informasi yg detail tentang kekeringan yg akhir-akhir ini melanda sebagian bumi kita tercinta, karena jika kita tahu tentang informasi tersebut, maka kita bisa siap menghadapi resikonya dengan melakukan kegiatan penyelamatan lingkungan. Kita harus tahu penyebab kenapa sampai ada kekeringan dan apa dampak yg kita rasakan saat kekeringan melanda. Kekeringan mungkin hanya terjadi di daerah yg jarang sekali ditemukan pepohonan lebat dan akhir-akhir ini banyak sekali pembangunan yg sangat pesat, jelas banyak pohon-pohon yg menjadi korban penebangan. Satu pohon yg hilang, bisa memutuskan mata rantai kehidupan. Penebangan pohon juga bisa meningkatkan panas bumi, pasokan oksigen menipis, polusi udara semakin tinggi, beberapa jenis hewan bisa berkurang dan terancam punah akibat penebangan pohon dimana-mana.


Lalu, apa hubungan kekeringan air dengan pohon? Jelas satu sama lain saling berkaitan, karena jika pepohonan ditebang, maka resapan air pun semakin menipis. Jadi, kita sebagai penduduk bumi harus tetap menjaga stok air. Walaupun persediaan air tidak terbatas, apabila tidak baik dalam pengelolaan tetap saja bisa menjadi masalah, yakni dari dampak penebangan pohon dan pembangunan yg pesat bisa menjadi masalah kekeringan. Dampak kekeringan sendiri bisa menyebabkan kesulitan mendapatkan air bersih, kelaparan dan banyak kerugian yg tidak bisa disebutkan, karena bagaimanapun juga air adalah sumber kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan. Mahluk hidup membutuhkan air agar bisa bertahan dalam kelangsungan hidup.


Sudah pasti kita ingin hidup di bumi ini untuk terus memperoleh pasokan air. Pertanyaannya adalah, adakah jalan keluar untuk tetap menjaga stok air agar tidak terjadi kekeringan? Dan terjawab, ada. Langkah yg harusnya disadari oleh kita adalah sebuah tindakan. Tindakan untuk menyelamatkan bumi kita dari masalah kekeringan adalah gerakan menanam pohon. Gerakan menanam pohon akhir-akhir ini sudah dicanangkan oleh semua pihak karena kesadaran kita semakin tahu dampak bahaya dari kekeringan. Kegiatan ini sekaligus sebuah keharusan bagi setiap individu atau kelompok dan seluruh umat bumi untuk mencegah terjadinya kekeringan di masa depan. Pohon yg ditanam tentunya berlaku untuk semua pohon, entah pohon kayu ataupun yg berbuah.


Berikut manfaat penanaman pohon bagi keberlangsungan mahluk hidup di bumi kita tercinta.

1. Hygienis
Manfaatnya adalah, pohon bisa menghasilkan O2 atau oksigen yg sangat diperlukan manusia dan menyerap CO2 atau karbondioksida yaitu hasil pembuangan gas sisa pembakaran.

2. Protektif
Manfaatnya karena pohon berfungsi sebagai perlindungan seperti terik sinar matahari, air kencang, debu, dan peredam suara.

3. Orologis
Manfaat dari pohon dan tanahnya adalah kesatuan yg sangat kuat sehingga bisa mencegah erosi atau pengikisan tanah.

4. Klimatologis
Manfaatnya adalah apabila pepohanan semakin lebat, maka bisa menurunkan suhu setempat. Jadi, udara di sekitar bisa terasa sejuk dan nyaman.

5. Edaphis
Manfaatnya berkaitan dengan populasi binatang. Semakin banyak pepohonan, maka semakin banyak juga satwa yg hidup tenang.

6. Ekologis
Inti dari manfaat ekologis sebenarnya tidak jauh dari keseimbangan. Lingkungan akan baik apabila memiliki keseimbangan antara struktur buatan manusia dan struktur dari alam itu sendiri. Pepohonan, air dan satwa adalah bagian dari alam yg dapat memberikan keseimbangan pada lingkungan.

7. Hidrologis
Sangat berguna sekali manfaat dari hidrologis ini. Tanaman atau pepohonan pada dasarnya bisa menyerap air hujan. Apabila semakin banyaknya jumlah tanaman atau pepohanan, maka daerah tersebut mampu dijadikan sebagai tempat persediaan air tanah yg bisa memenuhi keberlangsungan mahluk hidup di sekitarnya.

8. Estetis
Dari manfaat ini, tentunya penanaman pohon bisa menjadikan sebuah tempat lebih indah. Lebih indah apabila ditata sesuai dengan pengelompokan atau jenisnya yg bersusun. Keindahan pepohonan pun akan terasa lebih hijau dan asri.


Itulah beberapa manfaat dari adanya pepohonan. Sebenarnya masih banyak sekali manfaat lain yg tidak bisa disebutkan satu per satu. Bisa kita bayangkan jika di bumi ini penebangan liar terus menerus berlangsung, dipastikan dampaknya akan sangat membahayakan bagi keberlangsungan lingkungan dan mahluk hidup di bumi. Hutan jadi gundul menyebabkan kebanjiran, tanah longsor dan bencana lainnya. Selain itu persediaan air juga bisa menipis, terjadinya pengikisan tanah, suasana jadi gesang, udara kotor, satwa terancam punah dan yg paling ditakuti adalah kekeringan yg akan melanda.


Oleh sebab itu, kita sebagai penduduk bumi perlu sebuah kesadaran dan tindakan untuk menyelamatkan bumi dari kekeringan dan pemanasan global yg semakin nyata. Mari kita galangkan Gerakan Menanam Pohon mulai dari diri sendiri, keluarga, saudara, sahabat, instansi, swasta dan semua kelompok agar tidak terjadi kekeringan di suatu hari. Karena satu pohon yg ditanam, sangat berarti bagi keberlangsungan hidup di masa depan. Mari menanam pohon dan mari menjaga lingkungan demi keberlangsungan dan kehidupan yg lebih baik untuk bumi kita tercinta.








PERHATIAN:
Dilarang keras menyalin artikel ini tanpa seijin pemilik blog. Beri link aktif apa bila memposting ulang artikel ini. Ingat, link aktif. Hargailah karya para penulis. Lebih baik punya tulisan jelek dgn hasil karya sendiri dari pada tulisan bagus tapi hasil jiplak orang lain. STOP PIRACY!

1 comment:

  1. Setuju ! Mari menanam pohon, sekarang semakin menarik karena ada program penanaman pohon dimana kita juga mendapat manfaat ekonomi langsung dalam penanaman dan kampanyenya. cari tahu caranya di : http://www.greenwarriorindoensia.com

    ReplyDelete

Popular Posts