Hutan Kota Mayasih Kuningan

Pintu masuk Hutan Kota Mayasih
Kali ini saya ajak teman-teman berkunjung ke tempat wisata baru di Kuningan, Jawa Barat. Dengan tema Hutan Kota, Kuningan menyulap lahan bekas penambangan batu menjadi Hutan Kota, yang diberi nama Hutan Kota Mayasih yang terletak di Desa Mayasih, Cigugur, Kuningan. Tempat ini tak jau dari tempat wisata andalan Cigugur lainnya seperti Kolam Ikan, Gua Maria, Buper Palutungan dan Taman Purbakala Cipari. 


Pemandangan di sekitar Hutan Kota Mayasih
Kota Mayasih menawarkan bebatuan unik yang menakjubkan. Patut diapresiasi untuk Pemkab Kuningan dengan membuat terobosan dan langkah luar biasa menyulap bekas lahan penambangan batu ini menjadi tempat wisata bertemakan hutan kota. Saya harap kota-kota lain di Indonesia bisa menyusul jika ada lahan yang sudah tidak terpakai, setidaknya bisa dimanfaatkan. Bukan hanya untuk pariwisata, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat lain yang bisa bermanfaat bagi warganya. 


(Baca juga : Hutan Kota Bungkirit )

Bebatuan yang tinggi dan unik di Hutan Kota Mayasih
Dengan HTM Rp. 3.000,- saja, saya puas menikmati Hutan Kota Mayasih dengan konsep bebatuan unik didalamnya. Seperti taman atau hutan kota lainnya, disini juga terdapat saung atau gazebo sebagai tempat santai sambil menikmati pemandangan. Bagi pengunjung yang membawa anak-anak, pihak Hutan Kota sudah memanjakan dengan fasilitas bermain yang aman dan nyaman.


Tempat bersantai di Hutan Kota Mayasih
Kini Kuningan pun makin banyak taman dan hutan kota yang bisa memanjakan para warganya. Tentunya ini bisa dimanfaatkan warga bukan hanya menikmati tempatnya saja, tetapi harus ikut serta menjaganya.  Tanaman dan pepohonan di sekitar pun terlihat cantik dan perlu dirawat kelestariannya. Dan yang paling saya banggakan adalah, tempat ini sangat bersih. Semoga tetap bersih ketika saya kemabali kesini.


Pemandangan di sekitar Hutan Kota Mayasih
Dikarenakan Hutan Kota ini dekat dengan kaki Gunung Ciremai, pengunjung bisa menikmati pemandangan-pemandangan berupa pepohonan rindang, perbukitan hingga dataran-dataran tinggi yang memukau. Bagi saya yang bukan orang gunung, sangat menikmati sekali suasananya.  


Papan peringatan yang harus ditaati bagi para pengunjung Hutan Kota Mayasih
Setelah berkeliling saatnya saya harus kembali mengingat waktu sudah sore. Selain dijadikan sebagai objek foto, yang perlu diingat adalah menaati peringatan-peringatan yang disediakan di beberapa tempat. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan, kenyaman, keindahan dan kelestariaanya agar tetap terjaga. Be smart traveler…!













PERHATIAN:
Dilarang keras menyalin artikel ini tanpa seijin pemilik blog. Beri link aktif apa bila memposting ulang artikel ini. Hargailah karya para penulis. Lebih baik punya tulisan jelek dgn hasil karya sendiri dari pada tulisan bagus tapi hasil jiplak orang lain. STOP PIRACY!

2 comments:

  1. artikelnya bagus gan, thanks udah share, titip link ya gan www.interiorjakarta.com
    jangan lupa kunjungi kami :)

    ReplyDelete
  2. Izin mengutip kak untuk tugas kuliah

    ReplyDelete

Popular Posts