Bahaya Ponsel Bagi Kesehatan


Handphone atau telepon genggam yang biasa kita sebut ponsel merupakan alat komunikasi jarak jauh yang praktis dan bisa dibawa kemana-mana kapanpun kita pergi serta memiliki banyak fungsi seperti menelpon, kirim pesan dll. Penggunaan ponsel sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang di dunia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Ponsel dibutuhkan karena alat ini memiliki banyak manfaat. Bayangkan jika kita berpergian tanpa menggunakan ponsel? Apabila kita butuh atau mencari informasi kepada kerabat dan keluarga kita secara mendadak, pasti akan terasa sulit. Selain itu, ponsel juga dibutuhkan saat kita tidak bertemu kerabat di sebuah acara atau meeting, kita bisa menggunakan ponsel untuk mengucapkan atau sekedar salam kepada rekan kita. Ponsel juga sangat dibutuhkan apabila kita tidak berjumpa dengan keluarga, kita bisa menggunakan ponsel untuk bercakap-cakap seperti menanyakan kabar dll. Jadi, ponsel merupakan alat komunikasi yang sangat dibutuhkan untuk semua orang pada saat ini.


Selain manfaat yang kita peroleh dari sebuah alat komunikasi seperti handphone atau ponsel, sadarkah kita bahwa dampak buruk ponsel ternyata bisa merusak kesehatan. Efek dari penggunaan ponsel ini menimbulkan radiasi yang sangat buruk bagi kesehatan kita. Beberapa penelitian di Amerika mengungkapkan dampak buruk apabila terus menerus menggunakan ponsel tanpa kita kendalikan. Mau tahu apa saja bahaya radiasi dari penggunaan ponsel secara tidak baik? Berikut penjelasannya:

1. Berbicara menggunakan ponsel melebihi 20 jam bisa menimbulkan kelenjar ludah.

2. Penggunaan ponsel lebih dari 10 tahun bisa menimbulkan tumor lunak pada saraf pendengaran.

3. Penggunaan ponsel di kantong pakaian depan bagian dada secara terus menerus bisa menyebabkan kanker.

4. Penggunaan ponsel dalam posisi menggantungkan ke leher bisa mengganggu fungsi jantung.

5. Penggunaan ponsel secara berlebihan bagi pria bisa beresiko mengurangi kesuburan produktifitas sperma.

6. Dan masih banyak yang lain.


Tambahan lain yang harus diperhatikan selain dampak buruk bagi kesehatan, ponsel juga menimbulkan dampak buruk disekitar kita. Diantaranya jangan menggunakan ponsel saat berkendara, karena menyebabkan pandangan tidak fokus sehingga menimbulkan kecelakaan. Lalu, berpergian dengan pesawat, kita harus mematikan ponsel karena radiasi sinyal ponsel bisa mengganggu radar atau satelit pada pesawat untuk berkomunikasi dengan pihak landasan, sehingga bisa menimbulkan kecelakaan. Kemudian pada saat di tempat pengisian bahan bakar, ponsel juga harus dimatikan atau disarankan jauh dari stasiun yang sedang melakukan pengisian, karena radiasi sinyal bisa mengakibatkan ledakan yang dahsyat. Itulah bahaya radiasi lain yang terdapat pada ponsel selain berdampak buruk pada kesehatan. Banyak beberapa pihak seperti produsen ponsel sendiri membantah dampak bahaya tersebut, tapi ini adalah sebuah penelitian dari American Journal of Epidemology yang patut mendapat perhatian dari kita karena banyak yang terbukti dampak buruk dari hasil penelitian ini. Lantas, setelah kita mengetahui dampak buruk ponsel yang sudah dijelaskan tadi, apakah kita meninggalkan ponsel dan berhenti menggunakannya? Jelas tidak, sebuah teknologi yang sangat bermanfaat pasti memiliki kekurangan seperti halnya ponsel yang memiliki banyak manfaat tak lepas dari bahaya yang ditimbulkan. Namun sesuai judul posting Tips Mencegah Bahaya Radiasi Pada Ponsel agar tidak memambah buruk kesehetan, akan dijelaskan lebih lanjut. Kita sebagai penggunanya cukup mengetahui dan mencegah bagaimana cara penggunaan ponsel yang baik agar tidak membahayakan bagi kesehatan kita. Walaupun dianggap sepele, cara ini ternyata bisa mencegah dampak buruk penggunaan ponsel bagi kesehatan kita. Berikut tips menggunakan ponsel yang baik dan aman bagi kesehatan:

1. Apabila kita menelpon dalam waktu yang cukup lama hingga berjam-jam, sebaiknya gunakan handsfree atau hedaseat dengan volume suara yang cukup, jangan terlalu keras.

2. Setiap 1 sampai 2 menit, pindahkan ponsel di telinga secara bergantian. Jangan tempelkan hanya dalam 1 telinga.

3. Sebelum panggilan tersambung, jangan tempelkan ponsel ke telinga. Tunggu hingga ada panggilan.

4. Apabila ditempat tertutup seperti lift dan bahan-bahan logam, minimalkan penggunaan ponsel.

5. Apabila sinyal pada layar ponsel melemah atau hanya 1 bar, minimalkan penggunaan ponsel.

6. Apabila menaruh ponsel pada kantong celana bagian depan, hadapkan layar ponsel kedepan, jangan kebelakang.

7. Apabila tidur, matikan nada panggilan dan getar ponsel serta letakkan ponsel sejauh mungkin dari area tempat tidur.

8. Disarankan untuk membeli produk ponsel yang rendah dengan level SAR (Specific Absortion Rate).


Demikian bahaya dari radiasi ponsel serta efek yang akan ditimbulkan apabila terus menerus menggunakan ponsel secara berlebihan. Gunakan ponsel sebaik-baiknya, dan gunakan seminimal mungkin demi keshetan kita. Teknologi yang semakin berkembang pesat bukan berarti kita hanya memanfaatkannya saja, tetapi perlu mengetahui dampak yang ditimbulkan bagi kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita dalam menggunakan ponsel.







PERHATIAN:
Dilarang keras menyalin artikel ini tanpa seijin pemilik blog. Beri link aktif apabila memposting ulang artikel ini. Lebih baik punya tulisan jelek dengan hasil karya sendiri dari pada tulisan bagus tapi hasil jiplak orang lain. STOP PIRACY!

No comments:

Post a Comment

Popular Posts