Manfaat dan Bahaya Kopi


Apa yang dilakukan teman-teman untuk menemani aktifitas dan menikmati istirahat malam selain makan dan ngemil? Pasti salah satu dari teman-teman suka bikin kopi. Termasuk saya sendiri memang pecinta kopi. Kopi adalah minuman hitam atau berwarna kecoklatan yang terasa pahit dan sedikit manis yang diseduh dengan air panas. Kehangatan, aroma, cita rasa dan dalam suasana apapun membuat kopi sangat digemari dari remaja hingga yang dewasa. Tapi tahukah teman-teman, selain manfaat, ada dampak buruk juga jika kita terus-menerus meminum kopi. Mau tahu manfaat dan bahaya kopi? Silahkan simak baik-baik.


Kopi terbuat dari bahan kafein. Zat ini merupakan senyawa kimia alkaloid. Zat kimia yang berasal dari tanaman ini bisa memicu produksi hormon adrenalin. Berikut beberapa manfaat dari zat kafein yang terdapat pada kopi:

1. Mengurangi rasa sakit kepala.
2. Pendorong otak dan sistem saraf.
3. Melindungi jantung dan kanker.
4. Meningkatkan rasa riang dan membuat tubuh lebih segar serta energik.
5. Mengurangi resiko pengkroposan tulang atau esteoporosis.
6. Membantu kita untuk bisa berpikir lebih cepat. Terbukti bahwa otak lebih cepat merespon dan dengan tangkas mengolah ingatan pada otak.
7. Membantu mencegah gigi berlubang. Kafein pada kopi sangat baik untuk memberantas bakteri penyebab gigi berlubang.
8. Melegakan nafas penderita asma.
9. Bisa melakukan aktifas fisik lebih lama.
10. Menangkal radikal bebas dan menghancurkan molekul yang bisa merusak sel DNA.
11. Mencegah semacam penyakit lumpuh.


Manfaat-manfaat zat kimia yang dijelaskan diatas adalah apabila kita meminum kopi 1 hingga 3 gelas perhari, tidak setiap hari, maka akan menghasilkan manfaat kopi seperti yang dijelaskan tadi. Tapi apabila kita terus menerus meminum kopi hingga 5 gelas lebih per hari secara berturut-turut, maka dampak dari kafein ini justru sangat buruk. Berikut bahaya kafein pada kopi apabila kita terus menerus mengkonsumsinya:

1. Menyebabkan insomnia atau susah tidur, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang dan mudah marah.
2. Menyebabkan kadar kolesterol jahat dan kadar trigliserida yang menyebabkan darah lebih pekat serta resiko terkena jantung dan stroke.
3. Menyebabkan tekanan darah meningkat tajam bagi penderita darah tinggi,
4. Menyebabkan esteoporosis atau pengkroposan tulang.
5. Menyebabkan resiko penyakit lambung, tukak lambung atau tukak usus halus.
6. Menyebabkan resiko terserang kanker esophagus apabila meminum kopi terlalu panas.
7. Menyebabkan resiko kanker payu darah dan kanker kandung kemih.
8. Pada wanita yang sedang hamil disarankan berhenti mengkonsumsi kopi karena bisa menyebabkan peningkatan pada detak jantung. Hal ini bisa menyerang plasenta dan masuk pada sirkulasi darah janin yang bisa beresiko keguguran.


Itulah beberapa manfaat dan bahaya kopi. Hasil penelitian ini memang bisa dipertanggung jawabkan karena manfaat dan buruknya kopi sudah terbukti dari berbagai survei. Manfaat dan bahaya kopi tersebut sudah diteliti oleh para ahli, tim medis dll. Jadi, cara aman dan sehat apabila kita ingin menikmati kopi, minumlah kopi maksimal 3 kali sehari tetapi jangan melakukan setiap hari, maka akan ada banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Tapi apabila kita meminum 5 sampai 6 kali perhari secara berturut-turut justru akan sangat bahaya bagi keshehatan. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi teman-teman.






PERHATIAN:
Dilarang keras menyalin artikel ini tanpa seijin pemilik blog. Beri link aktif apa bila memposting ulang artikel ini. Hargailah karya para penulis. Lebih baik punya tulisan jelek dgn hasil karya sendiri dari pada tulisan bagus tapi hasil jiplak orang lain. STOP PIRACY!




No comments:

Post a Comment

Popular Posts